Pages

Subscribe:

Labels

Minggu, 18 Agustus 2013

Desain Pembelajaran Dan Bahan Ajar Bahasa Arab
Desain Pembelajaran ( Desain Intruksional ) adalah proses yang sistematis untuk memecahkan persoalan pembelajaran melalui proses perencanaan bahan-bahan pembelajaran beserta aktivitas yang yang harus dilakukan, perencanaan sumber-sumber pembelajaran yang dapat digunakan serta perencanaanevaluasi keberhasilan.
Kriteria Desain Pembelajaran :
  1. Berorientasi pada siswa.
  2. Berpijak pada pendekatan sistem.
  3. Teruji secara empiris.
Model Desain Sistem Intruksional Berorientasi Pencapaian Kompetensi ( DSI-PK ) adalah gambaran proses rancangan sistematis tentang pengembangan pembelajaran baik mengenai proses maupun bahan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dalam upaya pencapaian kompetensi.
Prosedur Pengembangan DSI-PK terdiri dari 3 bagian:
  1. Analisis Kebutuhan, yakni proses penjaringan informasi tentang kompetensi yang dibutuhkan anak didik sesuai dengan jenjang pendidikan.
  2. Pengembangan, yakni proses mengorganisasikan materi pelajaran dan pengembangan proses pembelajaran.
  3. Pengembangan alat evaluasi, yang memiliki dua fungsi utama, yaitu evaluasi formatife dan evaluasi sumatife.
Karakteristik Model Desain Sistem Pembelajaran ( DSI-PK ):
  1. Model DSI-PK adalah model desain yang sederhana dengan tahapan yang jelas dan bersifat praktis.
  2. Model Desain secara jelas menggambarkan langkah-langkah yang harus ditempuh.
  3. Model Desain merupakan pengembangan dari analisis kebutuhan.
  4. Model Desain ditekankan kepada penguasaan kompetensi sebagai hasil belajar yang dapat diukur.
Perencanaan Bahan-bahan Pengajaran Kriteria Pemilihan Materi Pelajaran Terdapat Strategi belajar mengajar:
  1. Kriteria tujuan Instruksional.
  2. Materi pelajaran supaya terjabar.
  3. Relevan dengan kebutuhan siswa.
  4. Kesesuaian dengan kondisi masyarakat.
  5. Materi pelajaran mengandung segi-segi etik.
  6. Materi pelajaran tersusun dalam ruang lingkup dan urutan yang sistematik dan logis.
  7. Materi pelajaran bersumber dari buku sumber yang baku, pribadi guru yang ahli, dan masyarakat.
Contoh Bahan Ajar Bahasa Arab
  • Mata Pelajaran            : Bahasa Arab                                      Maharoh          : Kalam
  • Kelas/Semester            : X/2, MA                                            Tema               : المهنة
  • Standar Kompetensi   : Berbicara mengungkapkan informasi lisan berbentuk paparan  atau dialog tentang المهنة

1-      معيار الأساسي

2-       

1. Kompetensi Dasar :
Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafadz yang tepat tentang المهنة :
Indikator :
قلد التلاميذ العبارة (مفردات، كلمات، جملة) حول المهنة
a. Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat yang diucapkan guru pada konteks tema المهنة
Contoh :
تقليد العبارة (مفردة) Menirukan ujaran (kata)
كرّروا ما سمعتم !
تلميذ – مدرسة – طبيب – فلاح – مهندس – تاجر – بولس

تقليد العبارة (كلمة) Menirukan ujaran (frasa)
كرّروا ما سمعتم !
تلميذ ماهر – طبيب نشيط – تاجر جميل

تقليد العبارة (جملة) Menirukan ujaran (kalimat)
كرّروا ما سمعتم !
هو تلميذ ماهر في الفصل – احمد طبيب نشيط في المشتسفى

ب- التلفظ عن العبارة (مفردات، كلمات، جملة) حول المهنة
b. Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat tentang  المهنة
Contoh :
تلفظ العبارة (مفردة) Melafalkan ujaran (kata)
إقرا هذه المفردات !
سائق – مدرّسة – مهندس – طبيب – تلميذ –  فلاح – مهندس – تاجر – بولس

تلفظ العبارة (كلمة) Melafalkan ujaran (frasa)
إقرا هذه الجملة !
تلميذ ماهر – طبيب نشيط – تاجر جميل

تلفظ العبارة (جملة) Melafalkan ujaran (kalimat)
إقرا هذه الجملة !
هو تلميذ ماهر في الفصل – احمد طبيب نشيط في المستشفى

ج- التعبير عن أفكارهم ومشاعرهم شفويا باستخدام أحرف استفهام بصحيح
c. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan  menggunakan huruf-huruf istifham dengan benar
Contoh :
إسأل إلى صاحبك !
  • اي العمل / المهنة الذي تحبّ ؟
  • لما تحّب تلك المهنة ؟
  • هل تريد ان تكون طبيباً ؟
  • ما محاولك لتحقيق امالك ؟
  • هل وافق والدك بالمهنة / العمل الذي تحتار ؟

د- التعبير عن أفكارهم ومشاعرهم شفويا باستخدام أحرف استفهام بلهجة ونبر صحيحة
d. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan mengucapkan kalimat Tanya dengan lahjah dan intonasi yang tepat
Contoh :
إسأل إلى صاحبك !
  • اي العمل / المهنة الذي تحبّ ؟ أحب استاذًا.
  • لما تحّب تلك المهنة ؟ لان الاستاذ هو عمل صالح هو تأتي عمله الى تلميذه بدون تعب ولاجزاء.
  • هل تريد ان تكون طبيباً ؟ لا, لا أريد ان اكون طبيبًا.
  • ما محاولك لتحقيق امالك ؟ سأواصل داراستي الى كلية التربية لكى اكون استاذ.
  • هل وافق والدك بالمهنة / العمل الذي تحتار ؟ نعم, وافق والدى بالمهنة التي أحب.

2- الكفاءة الأساسية
أ- القاء الحوار المناسب عن المهنة
2. Kompetensi Dasar :
a. Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang المهنة :
المؤشرات
- يجيب التلاميذ الاسئلة التي قدمها المدرس أو اصدقائهم حول المهنة
اجيب عن الأسئلة الأتية !
  • اي المهنة التي تحتار من تلك الصورة ؟ اختار ان اكون مدرسًا.
  • لماذا تحتار تلك المهنة ؟ لان المدرس هو عمل صالح.
  • هو تحب المهنة التي تحتار احمد ؟ نعم, احب المهنة التي احتار احمد. لكن لا اريد ال اكون كمثله.
  • لماذا لا تريد أن تكون المهنة الذي احتار احمد ؟ لان قد تمنّيت  ان اكون مدرّسًا جيّدًا.
  • ماذا ستعملين لتحقيق المهنة التي تريد ؟ سأواصل المدرسة الى كلية التربية و سأحاول أن جيدًا.

ب- القاء الاسئلة للمدرس أو اصدقاءهم
b. Mengajukan pertanyaan kepada guru atau lawan bicaranya
Contoh :
إسأل إلى صاحبك !
  • اي المهنة التي تحتار من تلك الصورة ؟
  • لماذا تحتار تلك المهنة ؟
  • هو تحب المهنة التي تحتار احمد ؟
  • لماذا لا تريد أن تكون المهنة الذي احتار احمد ؟
  • ماذا ستعملين لتحقيق المهنة التي تريد ؟

ج- الحوار مع اصدقائهم عن المهنة
c. Berdialog dengan teman yang lain sebagai lawan bicaranya tentang المهنة
Contoh :
الحوار :
محمد     : اي العمل / المهنة الذي تحبّ ؟
زينب     : أحب استاذًا.
محمد     : لما تحّب تلك المهنة ؟
زينب     : لان الاستاذ هو عمل صالح هو تأتي عمله الى تلميذه بدون تعب ولاجزاء.
محمد     : هل تريد ان تكون طبيباً ؟
زينب     : لا, لا أريد ان اكون طبيبًا.
محمد     :  ما محاولك لتحقيق امالك ؟
زينب     : سأواصل داراستي الى كلية التربية لكى اكون استاذ.
محمد     : هل وافق والدك بالمهنة / العمل الذي تحتار ؟
زينب     : نعم, وافق والدى بالمهنة التي أحب.
محمد     : شكرًا.
زينب   : عفوًا.

Referensi: (1) Harjanto. 2002. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rimeka Cipta; (2) Sanjanawina. 2008. Perencanaan dan desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Fajar Interpratama.


0 komentar:

Posting Komentar